Minggu, 18 April 2010

Bahasa Generik

yg saya tau ada 3 pemrograman bahasa generik, yaitu :

1. Pemrograman generik pada smalltalk
2. Pemrograman generik pada java
3. Pemrograman generik pada c++

Apa itu Bahasa Generik?
Bahasa generik adalah bahasa umum yang digunakan dalam sebuah pemrograman.

1. Pemrograman bahasa generik pada smalltalk
Smalltalk adalah salah satu bahasa pemrograman berorientasi objek pertama. Bahasa ini masih digunakan hingga kini. Meskipun tidak menjadi sepopuler Java atau C++, bahasa ini adalah sumber ide yang diadopsi banyak bahasa pemrograman. Pada Smalltalk, pada dasarnya semua pemorgraman adalah generik, karena dua sifat bahasa ini.

2. Pemrograman bahasa generik pada java
Pemrograman generik pada Java lebih dekat dengan Smalltalk daripada C++. Pemrograman generik pada Java berdasarkan pada kelas Object yang merupakan kelas super dari semua kelas. Hingga tingkat tertentu, ini membuat Java mirip dengan Smalltalk. Java bisa dikatakan bahasa yang bertipe kuat. Struktur data yang didesain untuk menampung Object bisa digunakan untuk menyimpan data kelas apapun. Kita tidak perlu membuat template atau fitur pada bahasa pemrograman lain untuk mendukung pemrograman generik.

3. Pemrograman bahasa generik pada C++
C++ adalah bahasa pemrograman dengan tipe kuat, bahkan lebih kuat dari Java. Setiap variabel memiliki tipe, dan hanya bisa menampung tipe data itu saja. Artinya pemrograman generik seperti pada Smalltalk tidak mungkin diterapkan.
Lebih Jauh, C++ tidak memiliki sesuatu yang mirip dengan kelas Object pada Java. Artinya, tidak ada kelas yang merupakan kelas super dari semua kelas. Artinya C++ tidak bisa menggunakan pemrograman generik seperti Java.

0 komentar:

:sundul :bingung :lebay :takut :nyimak :bata :gotkp :wow :pertamax :nosara :santai :hotnews :malu :shake :ngakak

Posting Komentar