Jumat, 20 Mei 2011

Panda Cloud - Antivirus Cloud Computing


Konsep cloud sepertinya semakin nyata dan akrab dengan kehidupan kita. Pasalnya, semakin banyak saja aplikasi yang bisa memanfaatkan konsep cloud untuk beroperasi. Keunggulan metode Cloud itu sendiri yaitu beban yang ada tidak bertumpuk pada PC, tapi beralih ke server melalui internet. Salah satunya adalah Panda Cloud Antivirus.

Pada antivirus konvensional, aplikasii harus terpasang di setiap PC. proses Pemindaian harus dilakukan rutin memanfaatkan tenaga PC itu sendiri. Proses update pun harus dilakukan terus-menerus agar tetap sakti menangkal virus baru. masalahnya, proses pemindaian terkadang memakan daya PC terlalu banyak, dan tidak semua org rajin melalukan update antivirus. Lalu, permasalahan inilah yg tdk ditemui saat menggunakan antivirus berbasis cloud seperti Panda Cloud ini

Agar bisa berfungsi, kita memang harus tetap memasang aplikasi Panda Cloud ini. Namun PC kita hanya bertugas memindai dan melaporkannya ke server. Proses "penyembuhan" dilakukan oleh panda di servernya yg berada di "awan" sana. Jika terdapat gangguan yg tdk terpecahkan, antivirus ini akan memberikan solusi dalam situsnya.

Enaknya lagi, kita tdk perlu melakukan update berkala. proses update dilakukan panda diserver mereka, sehingga kita tinggal "tahu beres". Saat dalam keadaan offline, antivirus ini tetap bisa memindai file/folder dari ancaman virus. Hanya saja saat ditemukan permasalahan, kita mesti menghubungkannya dgn internet utk dikirim ke server dan memecahkan permasalahannya. hal inilah yg membuat antivirus ini tetap ringan dan cepat.

Sumber : InfoKomputer april 2011

0 komentar:

:sundul :bingung :lebay :takut :nyimak :bata :gotkp :wow :pertamax :nosara :santai :hotnews :malu :shake :ngakak

Posting Komentar