Tugas lagi ni dr dosen IMK. oke langsung bahas ajj yey, berhubung batas waktu kumpulinnya tinggal beberapa detik lg. haha lebai.
Sebelum kejudul pengen ngebahas dulu pengertian Prinsip Usability pada mata kuliah interaksi manusia dan komputer adalah suatu masalah optimasi penggunaan sistem oleh pengguna. Sistem akan bekerja dengan baik apabila dipergunakan secara maksimal oleh pengguna sehingga semua kemampuan sistem dapat termanfaatkan secara maksimal.
Didalam Prinsip Usability terdapat hal-hal yang harus diperhatikan diantaranya Human Ability, Human Capabilities, Memori, Proses, Observations, Problem Solving.
I. Human Ability --> merupakan suatu kemampuan manusia untuk melakukan sesuatu yang dimilikinya. Human Ability terbagi dua :
1. GOOD ABILITY
- Kapasitas Long Term Memory (LTM) tidak terbatas
- Durasi LTM tidak terbatas dan komplex
- Kemampuan memahami tinggi
- Mekanisme konsentrasi powerful
- Pengenalan pola pikir powerful
2. BAD ABILITY
- Kapasitas Short Term Memory (STM) terbatas
- Durasi STM terbatas
- Akses yang tidak dapat diandalkan pada STM
- Proses yang cenderung salah
- Proses yang lambat
II. Human Capabilities ---> kemampuan manusia yg dimilikinya namun lebih mengarah ke anggota Penginderaan / Panca indra (Mata, Telinga, Peraba) pada manusia itu sendiri. Setiap manusia pasti mempunyai batas maksimal dalam melakukan penginderaan / sense. Human Capabilities terbagi tiga :
1. KEMAMPUAN MATA / VISION
- persepsi visual --> ukuran & jarak penglihatan
- keterbatasan visual --> kemampuan melihat warna, kemampuan melihat teks (membaca)
- ketajaman, pergerakan, dan sensitivitas
2. KEMAMPUAN TELINGA / HEARING
- mendengar pitch/frekuensi suara
- mendengar loudnes/amplitudo suara
- mendengar timbre/tipe suara
3. KEMAMPUAN MERABA / TOUCHING
- thermocpetor : respon suhi
- nociceptor : tekanan keras peraba
- mechanoceptor : tekanan lembut peraba
- Proses yang cenderung salah
- Proses yang lambat
III. MEMORI ----> suatu tempat atau wadah untuk menyimpan data atau informasi. Memori juga dapat menyimpan pengetahuan faktual dan pengetahuan prosedural. Memori terbagi empat :
1. PERCEPTUAL BUFFER (MEMORI SENSOR)
- Terbatas kapasitasnya.
- Informasi yang masuk melalui indera tidak semua dapat diproses.
2. SHORT TERM MEMORY (STM)
- Memori kerja menyimpan informasi yang dibutuhkan dalam waktu yang singkat / sementara pada saat kita sedang melakukan pekerjaan.
- Dapat diakses dengan cepat, namun berkurang secara cepat pula
- Metode digunakan untuk mengukur kapasitas, yaitu berdasarkan :
a. Panjang suatu deret (sequence) yang dapat diingat secara terurut.
b. Kemampuan mengingat kembali item-item secara acak.
3. INTERMEDIATE
Menyimpan untuk ke LTM
4. LONG TERM MEMORY (LTM)
- Penyimpanan utama untuk informasi faktual, pengetahuan berdasarkan eksperimen / pengalaman, aturan-aturan prosedur, tingkah laku, dsb.
- Kapasitasnya lebih besar, waktu akses yang lebih lambat, serta proses hilangnya informasi lebih lambat.
IV. Problem Solving -----> menyelesaian masalah menggunakan penalaran-penalaran yg dimiliki manusia untuk mendapatkan suatu solusi.
1. GOOD ABILITY
- Kapasitas Long Term Memory (LTM) tidak terbatas
- Durasi LTM tidak terbatas dan komplex
- Kemampuan memahami tinggi
- Mekanisme konsentrasi powerful
- Pengenalan pola pikir powerful
2. BAD ABILITY
- Kapasitas Short Term Memory (STM) terbatas
- Durasi STM terbatas
- Akses yang tidak dapat diandalkan pada STM
- Proses yang cenderung salah
- Proses yang lambat
II. Human Capabilities ---> kemampuan manusia yg dimilikinya namun lebih mengarah ke anggota Penginderaan / Panca indra (Mata, Telinga, Peraba) pada manusia itu sendiri. Setiap manusia pasti mempunyai batas maksimal dalam melakukan penginderaan / sense. Human Capabilities terbagi tiga :
1. KEMAMPUAN MATA / VISION
- persepsi visual --> ukuran & jarak penglihatan
- keterbatasan visual --> kemampuan melihat warna, kemampuan melihat teks (membaca)
- ketajaman, pergerakan, dan sensitivitas
2. KEMAMPUAN TELINGA / HEARING
- mendengar pitch/frekuensi suara
- mendengar loudnes/amplitudo suara
- mendengar timbre/tipe suara
3. KEMAMPUAN MERABA / TOUCHING
- thermocpetor : respon suhi
- nociceptor : tekanan keras peraba
- mechanoceptor : tekanan lembut peraba
- Proses yang cenderung salah
- Proses yang lambat
III. MEMORI ----> suatu tempat atau wadah untuk menyimpan data atau informasi. Memori juga dapat menyimpan pengetahuan faktual dan pengetahuan prosedural. Memori terbagi empat :
1. PERCEPTUAL BUFFER (MEMORI SENSOR)
- Terbatas kapasitasnya.
- Informasi yang masuk melalui indera tidak semua dapat diproses.
2. SHORT TERM MEMORY (STM)
- Memori kerja menyimpan informasi yang dibutuhkan dalam waktu yang singkat / sementara pada saat kita sedang melakukan pekerjaan.
- Dapat diakses dengan cepat, namun berkurang secara cepat pula
- Metode digunakan untuk mengukur kapasitas, yaitu berdasarkan :
a. Panjang suatu deret (sequence) yang dapat diingat secara terurut.
b. Kemampuan mengingat kembali item-item secara acak.
3. INTERMEDIATE
Menyimpan untuk ke LTM
4. LONG TERM MEMORY (LTM)
- Penyimpanan utama untuk informasi faktual, pengetahuan berdasarkan eksperimen / pengalaman, aturan-aturan prosedur, tingkah laku, dsb.
- Kapasitasnya lebih besar, waktu akses yang lebih lambat, serta proses hilangnya informasi lebih lambat.
IV. Problem Solving -----> menyelesaian masalah menggunakan penalaran-penalaran yg dimiliki manusia untuk mendapatkan suatu solusi.
0 komentar:
Posting Komentar