Jumat, 26 Februari 2010

Sejarah Interaksi Manusia dan Komputer

mw ngerjain tugas ni, disuru bikin artikel sejarah ttg IMK (Interaksi Manusia dan Komputer). padahal sblmny dikampus jg ud dijelasin ama dosenny. haha. mala yg seruny lg pas kmrn dosenny nany


'apa yg kamu ketahui ttg IMK?' trus nany lg
'knp sih kita harus bljr IMK?' ....

wew pertanyaan yg agak gmn gitu buat ngejawabny. haha. malah pas wkt itu ad temen yg ngejawab IMK adalah interaksi manusia dengan komputer. ad lg yg ngejawab karena IMK merupakan mata kuliah yg diambil diGundar. hahah yaaialah scr gitu bweeda. tp daripada daripada mending saya pgn bantu dikit ni ttg IMK, of course bantuan dari om com.google.www

oke pertama pgn tw dulu apa itu interaksi. interaksi adalah suatu jenis tidakan yg saling berhubungan dan menciptakan suatu timbal balik terhadap tindakan tersebut. nah jd dgn interaksi kita bisa berbubungan dengan sesuatu untuk mencapai suatu tujuan/keperluan. Interaksi menjadi maksimal apabila kedua belah pihak mampu memberikan respon (aksi & reaksi) yang saling mendukung. contoh disini kita berhubungan interaksi antara manusia dengan komputer.

so sedikit penjelasan diatas dapat ditarik benang merahny kl IMK (Interaksi Manusia dan Komputer) adalah sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yg menggunakan sebuah antarmuka (interface).

Tanpa disadari kita (manusia/user) telah berinteraksi atau berdialog dengan sebuah benda (layar monitor), yaitu dalam bentuk menekan tombol berupa tombol angka dan huruf yang ada pada keyboard atau melakukan satu sentuhan kecil pada mouse.
Yang kemudian hasil inputan ini akan berubah bentuk menjadi informasi atau data yang seperti diharapkan manusia dengan tertampilnya informasi baru tersebut pada layar monitor atau bahkan mesin pencetak (printer).

Sejarah / awal munculnya istilah interaksi manusia dan komputer adalah

a. Tahun 1950-an

Pertama kali diperkenalkan secara komersil.

b. Tahun 1970-an

Komputer pribadi(PC), maka berkembanglah penggunaan teknologi ini secara cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru (pendidikan, perdagangan, perusahaan dll) dan muncul isu teknik antarmuka pengguna (userinterface)

c. Pada tahun 1980an

Pertengahan baru di perkenalkan istilah IMK

Model IMK :

1. Pengguna

2. Interaksi

3. Sistem

Tiga komponen ini saling berkaitan. Pengguna adalah bagian dari sistem yang memungkinkan berinteraksi dengan komputer, oleh sebab itu mengapa 3 komponen ini saling berkaitan.

Untuk membuat antarmuka yang baik dibutuhkan pemahaman beberapa bidang ilmu, antara lain :

1 . Teknik elektronika & ilmu computer
memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI

2. Psikologi
memahami sifat & kebiasaan, persepsi,pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna

3. Perancangan grafis dan tipografi
sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia & komputer

4. Ergonomik
berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman,

misal : bentuk meja & kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard,mouse, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja

5. Antropologi
ilmu pengetahuan tentang manusia, memberi suatu pandangan tentang cara kerja berkelompok yang masing – masing anggotanya dapat memberikan konstribusi sesuai dengan bidangnya

6. Linguistik
merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah

7. Sosiologi
studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK karena adanya otomasi kantor.

8. DLL ;)

end then demikianlah sekilas tentang artikel sejarah IMK. smg bermanfaat yo.... (O)v

0 komentar:

:sundul :bingung :lebay :takut :nyimak :bata :gotkp :wow :pertamax :nosara :santai :hotnews :malu :shake :ngakak

Posting Komentar