Sabtu, 25 Desember 2010

Mengenal TELNET

Telnet adalah program yang memungkinkan komputer host Internet anda menjadi terminal dari komputer host lain di Internet. Dengan ftp anda dapat membuka koneksi hanya untuk mentransfer file. Telnet memungkinkan anda untuk login sebagai pemakai pada komputer jarak jauh dan menjalankan program layanan Internet yang disediakan oleh komputer tersebut.

Telnet menyediakan akses langsung ke beragam layanan di Internet. Komputer host anda memang menyediakan beragam layanan, namun jika layanan tersebut tidak ada, anda bisa menggunakannya melalui Telnet. Misalnya ketika masyarakat Internet menulis interfaceuntuk membantu pengguna lain, Telnet memungkinkan anda mengakses host mereka dan menggunakan interface yang mereka buat. Demikian juga ketika seorang membuat layananyang bermanfaat, Telnet memungkinkan anda mengakses sumber daya informasi yangberharga ini.

Cara pengunaan Telnet
Cara penggunaan Telnet ini sangat mudah, anda ketik telnet diikuti dengan alamat yang ingin anda hubungi bila menggunakan UNIX atau klik icon Telnet di Windows kemudian pilih menu connect kemudian remote system.
Contoh :
1. Menggunakan UNIX
% telnet well.sf.ca.us
Trying 198.93.4.0…
Connected to well.sf.ca.us.
Escape character is ‘^]’.
Unix(r) System V Release 4.0 (well)
This is the WELL
Type newuser to sign up.
Type trouble if you are having trouble logging in.
Type guest to learn about the WELL.
If you already have a WELL account, type your username.
Login: |

Jika sudah tersambung berarti sudah berada di terminal pada komputer jarak jauh tersebut dan bisa berinteraksi dengan program yang tersedia. Telnet secara diam-diam ada di belakang layar saat anda berinteraksi dengan komputer jarak jauh tersebut. Dalam kebanyakan kasus, perintah yang perlu diketahui adalah perintah yang digunakan pada host jarak jauh. Host kemungkinan menjalankan Unix, meskipun anda juga dapat menjumpai sistem operasi lain pada server host seperti UMS atau Windows NT. Sebagian besar sistem, terutama database, menawarkan menu. Apabila menu tidak tersedia, maka lebih baik amati file bantu (help) yang tersedia. Dapat diketikan ? atau help atau cukup h untuk mengamati apakah file bantu tersedia. Untuk mengakhiri sesi Telnet ketik quit atau exit, pada beberapa sistem menggunakan bye atau off. Bila menggunakan Windows tergantung program yang digunakan misal WinTel, tinggal click pada Icon program yang bersangkutan. Reff : http://google.com

0 komentar:

:sundul :bingung :lebay :takut :nyimak :bata :gotkp :wow :pertamax :nosara :santai :hotnews :malu :shake :ngakak

Posting Komentar