Sabtu, 25 Desember 2010

Wirausaha WARNET / Warung Internet

MEMBANGUN WARNET SEDERHANA

Masyarakat Indonesia ternyata masih banyak yang berminat untuk terjun dalam bisnis warnet, terutama mereka yang mempunyai akses di tempat-tempat yang cukup ramai, dan memanfaatkan situasi yang ada, sehingga mereka berusaha untuk membangun bisnis warnet sebagai salah satu bisnis utamanya.
Namun, terkadang juga banyak yang tidak tahu apa saja yang harus dipersiapkan untuk memulai bisnis warnet ini? Berapa biaya yang diperlukan, proses pengadaan barang, komponen biaya apa yang harus harus dipersiapkan dan lain sebagainya.Untuk itu dalam posting kali ini, saya akan mencoba mengulas tentang komponen biaya yang dibutuhkan saat kita memulai bisnis warnet. Baiklah, mari kita mulai menyusun komponen biaya apa saja yang harus kita persiapkan untuk memulai bisnis warnet ini.
Dalam penjelasan di bawah ini saya akan menjelaskan membangun warnet dengan 10 Pc klient dengan 1 server, dengan menggunakan koneksi wireless dari provider.

DANA YANG DIBUTUHKAN

A. Biaya biaya untuk peralatan yang dibutuhkan:
1. 10 Pc client (apabila buget anda sangat terbatas saya sarankan menggunakan PC dengan konfigurasi Intel PIII minimal 800 Mhz, Ram 256 Mb, VGA min 32 Mb, Hardisk 10 Gb, lan card 100 Mbps, monitor cukup 15” digital saja (second)) biaya yang dibutuhkan untuk 1 unit PC klient Rp. 1.000.000,00
2. 1 Unit PC server, saya sarankan minimal Intel P4 2.4 Ghz, Ram 1 Gb, VGA 64 Mb, Hardisk 80 Gb, Monitor cukup 15” digital saja, dana yang diperlukan kira-kira Rp. 2.500.000,00
3. Alat untuk koneksi wireless ke internet melalui provider, 1 buah PCI to PCMCIA card, 1 Buah Modem Wirreless PCMCIA, 1 buah cips dari provider, perkiraan dana yang dibutuhkan Rp. 1.500.000,00
4. Peralatan untuk membangun jarigan LAN (local Area Network), dibutuhkan 1 buah Hub Switch cukup yang 16 port saja, Plug Conection RJ 45, Kabel Lan (belden) cecukupnya untuk mengkoneksikan antara PC server dengan PC klient, biaya yang dibutuhkan sekitar Rp. 1.000.000,00
5. Total biaya untuk peralatan yang dibutuhkan untuk peralatan adalah Rp. Rp. 15.000.000,00 (diluar penyetingan apabila anda akan di setingkan ke pelayanan service computer, atau kepada orang yang ahli)

Perkiraan Biaya untuk tempat.
1. Untuk 10 client dan 1 buah server biasanya dibutuhkan tempat sekitar 5m x 8m, dengan ukuran tempat 1 buah Client 1m x 1m, biasanya warnet yang nyaman tempat untuk client dibuat privasi dengan menggunakan sekat-sekat, cukup menggunakan triplek yang dibuat ruangan-ruangan kecil, dibuat lesehan saja dengan menggunakan karpet, serta di berikan bantal yang nyaman untuk duduk, beserta meja kecil untuk menyimpan PC dan monitor, dana yang dibutukan kira-kira Rp. 3.000.000,00.
2. Apabila anda sudah mempunyai tempat yang memadai gunakanlah tempat tersebut sehingga anda tidak perlu mengeluarkan tambahan biaya untuk sewa tempat, apabila belum mempunyai perkirakan lah dana yang disediakan tidak memebihi Rp. 10.000.000,00 per tahunnya.
Jadi anda bisa menyediakan dana tidak lebih dari Rp. 30.000.000,00 (sudah termasuk penyetingan LAN dan koneksi internetnya).
PERKIRAAN UNTUNG RUGI DAN BEP (Break Event Point)
Perkiraan pendapatan dari warnet dalam 1 bulan ;
1. Dari 10 Client dengan biaya sewarata-rata di Indonesia adalah Rp. 4.000,00 per Jam, kita asumsikan hanya 10 jamsaja rata-tata sewa per Clientnya (biasanya warnet buka 24 Jam), 10 client X 10Jam X Rp. 4.000,00 = Rp. 400,000,- / hari, total pendapatn 1 bulan kira-kiraRp. 12.000.000,00
2. Jangan hanya melakukan kegiatan warnet saja, computer tersebut bisa dioptimalkan, misalkan cetak foto digital (dengan membeli printer foto), pengetikan, jualan makanan, minuman, dll.
3. Biaya yang diperlukan untuk perawatan, listrik, biaya koneksi internet,
a. Biaya koneksi 1 bulan dengan menggunakan koneksi Rp. 350.000,00
b. Biaya listrik 1 bulan dengan 11 PCnyala terus 24 jam Rp. 1.500.000,00
c. Untuk gaji karyawan (operator) 2 shift(12 jam Kerja) Rp. @ Rp. 750.000,00 = Rp. 1.500.000,00
d. Total biaya rutin yang dikeluarkandalam 1 bulan rata-rata Rp. 4.000.000,00
4. Jadi anda bisa mandapatkan keuntungan dalam satu bulan Rp. 12.000.000,00 dikurangi Rp. 4.000.000,00 = Rp.8.000.000,00 ( sisihkanlah untuk biaya perawatan kra-kira Rp. 1.000.000,00)
5. Dengan perkiraan hanya 10 jam sewasaja per klient anda bias mendapatkan rata-rata Rp. 7.000.000,00 ( coba andahitung sendiri dengan jam sewa 20 jam per klient apabila warnet anda sudahramai pengunjung)
Manfaat Membuka Usaha Bisnis Warnet
1. Masyarakat dapat mengetahui peranan membuka usaha warnet yang sangat besar
2. Memberikan gambaran kepada masyarakat yang ingin membuka
bisnis warnet,dari modal yang harus disiapkan sampai tahap
pengembangan hingga mendapatkan keuntungan yang maximal.
3. Menumbuhkan jiwa kewirausaahaan masyarakat sehingga dapat
menciptakan lapangan pekerjaan..
Beberapa Hal Penting dalam Memulai Bisnis Warnet
1. Modal
Untuk membuka usaha sebuah warnet dibutuhkan modal yang cukup besar .Dengan rincian sbb:
• 10 buah PC dengan harga
• Sewa gedung selama 1 tahun
• 2 Buah AC dengan harga
• Jaringan internet seperti Speedy
• Kulkas
• Property seperti meja dan kursi
• Dekorasi ruangan
• Biaya lain-lain seperti programe
2. Pemilihan tempat
Dalam pemilihan tempat harus strategis agar usaha kita bisa berkembang dengan baik.Tempat yang strategis adalah didekat sekolah/kampus,kos-kosan,kontrakan dan tempat dimana orang banyak berkumpul.Untuk daerah perumahan menurut saya kurang bagus karena biasanya sudah punya jaringan intrnet masing-masing jadi warnet sulit berkembang apalagi lingkungan perumahan elit.Jadi kita harus melihat situasi dan kondisi lingkungan dimana kita akan mendirikan usaha tidak hanya untuk usaha warnet tapi untuk semua jenis usaha.
3. Pemilihan pegawai
Dalam memilih pegawai harus benar-benar seseorang yang tau/pengalaman dalam hal ini karena berhubungan dengan komputer.jadi usahakan orang yang sudah ahli dibidang IT untuk meminimalisir kemunggkinan yang tidak diinginkan.Apabila kita ceroboh dalam memilih pegaiwai maka kita sendiri yang akan terkena dampaknya.
4. Promosi
Promosi dapat dilakukan dengan cara menyebarkan brosur ke masyarakat disekitar warnet kita.Bila perlu dengan adanya promosi harga yang lebih murah dari harga normalnya untuk menarik perhatian masyarakat
Kesimpulan :
1. Untuk memulai suatu bisnis baru perlu memperhatikan faktor-faktor yang
harus dilakukan dalam berbisnis.
2. Melakukan Bisnis Merupakan eranan penting dalam kelangsungan
perekonomian Indonesia dimana UKM bersifat flexibel yang dapat
maenghadapi tantangan zaman seperti disaat krisis global sekarang ini
3. Melakukan usaha Bisnis dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan
diharapkan bisa meminimalisir tingkat pengangguran sekarang ini.
4. Bisnis tidak berjalan dengan mulus, dikarenakan kekurangan Modal.

Reff : http://google.peluangbisnis.com

10 komentar:

Anonim mengatakan...

ok ok ok ne akan saya lakukan dari pada nganggur ya kagan gan.........

Anonim mengatakan...

Thank's gan info nya, ane bs lebih tau kbthn2 buka warnet, meskipun ane dah brthn2 jg warnet

Zenith Loan Limited mengatakan...

perhatian :::::

Kami adalah bersertifikat, dapat dipercaya, handal, efisien,
dinamis dan cepat handal, bekerja sama pemodal untuk real estate dan segala jenis pembiayaan usaha
kami mengeluarkan pinjaman jangka panjang
Jumlah pinjaman maksimum kita meminjamkan adalah 50.000.000.000.
Kami menawarkan jenis pinjaman dan banyak lagi:

Pinjaman Pribadi (pinjaman tanpa jaminan)
Kredit Usaha (pinjaman tanpa jaminan)
Pinjaman Konsolidasi
Kombinasi kredit
Perbaikan Rumah
Silakan, jika Anda suka dan minat dalam penawaran keuangan kami,
Silahkan hubungi kami
melalui e-mail zenithloanlimited@gmail.com

Amisha mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

Mohammad Ismali mengatakan...

kesaksian nyata dan kabar baik !!!

Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

MRS KABU LAYU mengatakan...

Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa tekanan dan kesulitan keuangan,

Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memesan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)

Terima kasih semua.

Siti Aminah mengatakan...

Halo,
nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang karena hutang.

Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat dapat diandalkan yaitu Bunda Alicia Radu yang mendapatkan pinjaman saya dari 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa tekanan dan tekanan suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan sehingga saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Bunda Alicia Radu

Saya ingin Anda mempercayai Bunda Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam hidup saya dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda

ROBBI mengatakan...

Halo,
Nama saya ROBBI dari Cirebon Jawa Barat Indonesia, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu Alicia Radu karena membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya banyak menderita di tangan para pemberi pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa menawarkan saya pinjaman, saya Saya memerlukan pinjaman selama 3 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Cirebon tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di Turki yang telah menipu saya dan tidak menawarkan saya pinjaman. dan saya sangat Frustrasted karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di Turki, karena saya berutang kepada bank saya dan teman-teman saya dan saya tidak punya seorangpun untuk menjalankan, sampai suatu hari setia bahwa seorang teman saya bernama Siti Aminah setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Bunda Alicia Radu, jadi saya harus menghubungi Siti Aminah dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi Bunda Alicia Radu bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus mengumpulkan keberanian dan saya menghubungi Bunda Alicia Radu dan saya terkejut dengan pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 3 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang pekerjaan baik Bunda Alicia Radu
jadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi email Ibu Alicia Radu: (aliciaradu260@gmail.com) dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Bunda Alicia Radu email saya : (robbi5868@gmail.com) dan Anda masih dapat menghubungi Siti Aminah yang memperkenalkan saya kepada ibu Alicia Radu melalui email: (sitiaminah6749@gmail.com)
semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai ibu Alicia Radu untuk mengubah kehidupan finansial saya

Olivia Daniel mengatakan...

Halo,
Saya Ny. Olivia Daniel, pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup
Apakah Anda memerlukan bantuan keuangan? Kami dapat membantu
Kami menawarkan pinjaman dengan tingkat bunga 2%
Jadi silakan hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (oliviadaniel93@gmail.com)

Mencari dana untuk melunasi pinjaman dan hutang Anda?
Mencari uang untuk membayar tagihan?
Mencari dana untuk memulai bisnis baru?
Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai di ujung jari Anda karena dana yang tidak memadai?
Anda perlu uang untuk berinvestasi di bidang spesialisasi tertentu
siapa yang akan memanfaatkanmu? Dan Anda tidak tahu harus berbuat apa.
Kami menawarkan pinjaman berikut di bawah ini,
Kredit Pribadi [Aman dan Tidak Aman]
Pinjaman Bisnis [Aman dan Tidak Aman]
Pinjaman digabungkan
Kredit untuk siswa
Perbaikan di rumah
Pinjaman Penemu
Pinjaman mobil
Konsolidasi pinjaman, dll ...

Jadi silakan hubungi kami hari ini melalui email di (oliviadaniel93@gmail.com) untuk mulai berinvestasi untuk masa depan Anda hari ini

NURUL YUDIANTO mengatakan...

Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

:sundul :bingung :lebay :takut :nyimak :bata :gotkp :wow :pertamax :nosara :santai :hotnews :malu :shake :ngakak

Posting Komentar